Lukman Alumni Sekolah Kejuruan sedang menjalani Studi di Kampus Jenderal suka menulis suka mendaki sedikit suka memasak.

Sensor Proximity

komponen sensor proximinity

Dalam bidang elektronika, Anda akan belajar banyak tentang sensor. Salah satunya adalah sensor proximity atau sensor jarak.

Sensor ini sangat berguna untuk mengenali keberadaan suatu benda yang ada di sekitar sensor tanpa menyentuhnya. Dengan kata lain, alat sensor ini dapat mengkonversi keberadaan objek menjadi sinyal listrik.

Anda ketahui penggunaa sensor ini dipakai dalam komponen hp dari berabagai merk khusus nya berbasis android seperti pada layar hp realme, samsung, realme 5 pro dan lain-lain yang terdapat sensor proximinity pada layar depan.

BACA JUGA : √ Sensor Cahaya 

Komponen Sensor Proximity

Dalam mendeteksi suatu benda, sensor ini menggunakan sinar radiasi elektroAmagnetik atau medan elektromagnetik. Di samping itu, sensor ini juga hanya dapat mendeteksi objek pada jarak tertentu, sesuai dengan setelan kemampuan komponen sensor.

Komponen sensor jarak digolongkan menjadi 4 jenis, antara lain:

1.     Capacitive Proximity Sensor

Sensor ini memiliki kemampuan untuk mendeteksi material dielektrik rendah, contohnya kaca dan plastik, maupun yang lebih tinggi, misalnya cairan. Komponen ini juga mampu mendeteksi tekanan, tingkat dan komposisi cairan, komposisi kimia, dan gerakan.

Dengan demikian, sensor tersebut akan bergerak jika mendeteksi bahan non-konduktif maupun konduktif.

Untuk mendeteksi objek-objek tersebut, alat ini menghasilkan medan elektrostatik. Sensor ini tersusun atas berbagai bagian. Salah satunya adalah elemen aktif yang berupa 2 elektroda logam.

Saat suatu benda berada di dekat permukaan sensor, maka medan elektrostatik dari plat logam tersebut akan terganggu, lalu kapasitansi sensor ini akan berubah dan benda dikenali.

2.     Inductive Proximity Sensor

Berbeda dengan capacitive proximity sensor, inductive proximity sensor ini menggunakan medan elektromagnetik untuk mengenali objek. Benda yang dapat dikenali oleh sensor ini hanyalah benda yang terbuat dari logam.

Bahan aktif dari sensor ini adalah kumparan dengan inti ferit. Fungsi kumparan ini adalah untuk menghasilkan medan elektromagnetik yang sangat kuat. Saat logam terdeteksi oleh sensor, maka medan elektromagnetik akan terganggu dan menyebabkan tegangan osilator akan berkurang, sehingga benda logam tersebut akan terdeteksi.

3.     Photoelectric Proximity Sensor

Jenis sensor ini memanfaatkan elemen yang peka terhadap cahaya untuk mengenali objek. Komponen utama dari sensor ini adalah emitor (sumber cahaya) dan receiver (penerima). Sehingga, sensor akan mendeteksi benda ketika berkas cahaya di antara emitor dan receiver terganggu.

Sensor tersebut terdiri dari tiga jenis, yaitu thru beam,  direct reflection, dan refleksi dengan reflektor. Ketiganya memiliki cara kerja yang berbeda meski sama-sama menggunakan elemen peka cahaya.

4.     Ultrasonic Proximity Sensor

Jenis sensor ini memanfaatkan gelombang frekuensi tinggi untuk mengenali dan menghitung jarak benda yang dideteksi.

Gelombang frekuensi ini akan dipancarkan dan saat mengenai suatu objek, sensor akan menangkap gema dan menghitung jarak benda.

Fungsi Sensor Proximity

Proximity sensor banyak digunakan dalam mesin-mesin pabrik. Sehingga, jika terjadi pergeseran objek, sensor akan langsung mendeteksi dan melakukan apa yang telah diprogramkan. Dalam kehidupan sehari-hari, sensor ini dapat ditemukan pada smartphone.

Saat Anda menempelkan smartphone ke telinga untuk menerima telepon, sensor akan mendeteksi telinga dan mematikan fungsi touchscreen.

Rangkaian Sensor Proximity

Untuk menciptakan rangkaian proximity sensor, Anda akan memerlukan berbagai komponen. Komponen ini tergantung pada tujuan pembuatan rangkaian tersebut. Misalnya, dalam membuat robot line follower, Anda akan membutuhkan rangkaian, seperti berikut ini:

  1. Led Infrared
  2. Photodioda
  3. Relay 12V DC
  4. Resistor 540 Ω dan 100 Ω
  5. Potensiometer 10 K Ω
  6. Transistor 2N2222
  7. Sumber tegangan 5V DC
  8. Sumber tegangan 12V DC

Prinsip kerja sensor Proximinity ini adalah:

gambar sensor proximinity

  1. Ketika sinar infrared tidak mengenai photodioda, hambatan pada photodioda sangat besar. Dengan demikian, tidak ada arus listrik yang mengalir. Akibatnya, transistor ada di posisi terbuka (cut off).
  2. Ketika sinar infrared mengenai photodioda, hambatan pada photodioda sangat kecil. Akibatnya, arus listrik dapat mengaliri basis transistor. Dengan demikian, arus dari collector akan mengalir ke emitor. Sehingga, relay akan memperoleh energi listrik dan terhubung dengan modul input PLC.

Dalam prinsip kerja sensor ini terdapat pada smartphone dimana kerja proximinity ini adalh mendeteksi adanya objek yang di dekatnya dan mengirimkan sebuah sinyal.

Dapat bisa kita alami saat menerima sebuah panggilan kemudian smartphone akan didekatkan denga telinga maka proximity sensor akan mendeteksi adanya objek yang mendekati kemudian memberikan sinyal untuk mematikan fungsi pada layar sentuh dan mematikan fungsi respon jika tersentuh telinga maupun anggota badan lain.

Sedangkan jika panggilan sudah selesai dan posisi smartphone sudah tidak dekat dengan telinga maka sensor akan mengirimkan sinya untuk mengaktifkan seperti semua fungsi pada layar sentuh hp.

Jenis Sensor Proximinity

Sensor proximinity memiliki 4 jenis yang terdiri dari Capacitive Proximity Sensor, Inductive Proximity Sensor, Photoelectric Sensor, Ultrasonic Proximity Sensor


Sensor proximity sangat dibutuhkan pada dunia industri dan kehidupan masyarakat sehari-hari. Alat ini memiliki bahan aktif yang menjadi inti dari fungsi alat tersebut. Setiap jenis sensor memiliki cara kerja sendiri-sendiri dan menawarkan manfaat yang juga berbeda.

Demikian tentang sensor proximity yang diparafrasekan oleh ismadaniyah.com semoga bermanfaat dan salam nyala!!!

Lukman Alumni Sekolah Kejuruan sedang menjalani Studi di Kampus Jenderal suka menulis suka mendaki sedikit suka memasak.

Thermistor

Lukman
1 min read

Pengertian Mikrokontroller

Lukman
2 min read

PCB

Lukman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *