Lukman Alumni Sekolah Kejuruan sedang menjalani Studi di Kampus Jenderal suka menulis suka mendaki sedikit suka memasak.

Sensor Cahaya

rangkaian sensor cahaya
rangkaian sensor cahaya
staticbg.com

Dalam mempelajari komponen elektronika, Anda pasti akan menemui apa yang disebut sensor cahaya atau light sensor.

Alat ini berfungsi untuk mengubah intensitas cahaya menjadi energi listrik. Cara kerja alat listrik ini yaitu mengubah energi yang ada dalam foton menjadi elektron.

Sensor cahaya adalah alat yang mengubah besaran cahaya menjadi beasaran  besaran listrik.

Secara sederhana  sensor cahaya memiliki prinsip kerja mengubah energi dari unsur fotom menjadi unsusr elektron dengan secara idealnya satu foton akan dapat menbangkitkan satu elektron

BACA JUGA  : √ Apa itu PLC 

Komponen Sensor Cahaya

Rangkaian light sensor yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari biasanya menggunakan berbagai komponen sensor. Komponen tersebut dibagi menjadi dua jenis, meliputi:

1.     Fotovoltaik

gambar fotovoltaik
aliexpress

Komponen ini disebut juga sebagai fotocell atau solar cell. Sensor ini berguna untuk merubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Jumlah energi listrik yang dihasilkan tersebut sama dengan jumlah intensitas cahaya matahari.

Dengan demikian, saat matahari bersinar tanpa terhalang oleh awan, sensor ini akan menghasilkan energi listrik dalam jumlah yang banyak, dan sebaliknya.

Alat ini tersusun dari berbagai bagian, misalnya semikonduktor tipe-P dan tipe-N, depletion layer, dan konduktor dasar. Solar cell ini terbuat dari selenium, cadmium sulphide, silicon, dan gallium arsenide.

2.     Fotokonduktif

gambar fotokonduktif
alibaba

Sensor tersebut memiliki kemampuan untuk memberi perubahan tahanan (resistansi) di setiap selnya ketika terpapar cahaya. Semakin tinggi intensitas cahaya yang diterima, maka akan semakin rendah nilai resistansinya.

Ada 3 jenis fotokonduktif yang sering digunakan dalam rangkaian sensor, yakni:

·         Foto Dioda

Dioda ini berbeda dengan dioda biasa. Foto dioda berguna untuk mendeteksi sinar, contohnya sinar inframerah, sinar-x, ultraviolet, dan cahaya tampak. Sinar yang ditangkap oleh foto dioda, kemudian diubah menjadi arus listrik.

Alat ini tersusun dari filter gelombang cahaya, kaca pengumpul, dan terbuat dari bahan semikonduktor. Pada zaman dahulu, foto dioda digunakan dalam teknologi solar sel. Kini, alat ini banyak digunakan dalam membuat peralatan kesehatan, kamera, serta sensor penghitung kendaraan.

·         Foto Transistor

photo transistor
teknikelektronika.com

Hampir sama seperti foto dioda, foto transistor juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi cahaya. Sinar yang terdeteksi tersebut lalu ditangkap dan dikonversi menjadi arus listrik. Alat ini dilengkapi dengan penguat, sehingga kecepatan dan performanya lebih baik daripada foto dioda.

Selain itu, alat ini juga dilengkapi dengan lensa pemfokus sinar yang membuatnya berbeda dari transistor biasa. Arus listrik yang dihasilkan oleh alat ini nantinya akan disalurkan ke komponen lain dalam rangkaian sensor, misalnya relay atau saklar.

·         Light Dependent Resistor (Ldr)

gambar LDR

Komponen ini sangat umum digunakan pada rangkaian pendeteksi cahaya. Alat ini berguna untuk mengkonversi intensitas cahaya menjadi hambatan listrik.

Jika LDR menangkap intensitas cahaya yang tinggi, maka besaran hambatan listrik pada komponen ini semakin rendah.

Fungsi Sensor Cahaya

Sensor ini memiliki berbagai kegunaan dalam kehidupan masyarakat. Beberapa fungsi sensor tersebut dapat Anda temukan di bawah ini:

·         Lampu Penerang Jalan

Sensor LDR pada sistem penerangan ini secara otomatis akan menyalakan lampu penerang jalan saat hari gelap.

·         Remote TV

Cahaya infrared dari remote TV ditangkap oleh sensor pada pesawat televisi, sehingga TV menyala dan dapat diubah channelnya.

·         Peralatan Elektronik dengan Energi Matahari

Pemanas air, lampu lalu lintas, dan lampu taman energi matahari adalah beberapa peralatan elektronika yang memanfaatkan komponen sensor fotovoltaik.

Rangkaian Sensor Cahaya

Skema rangkaian sensor cahaya
syarif-projects.blogspot.com
 Komponen-komponen yang dibutuhkan:
   a. LDR                                  1 buah
   b. Resistor 100k, 1k          @1 buah
   c. Transistor BC547               2 buah
   d. Battery 9V                         1 buah
   e. Dioda 1n4002                    1 buah
   f.  Lampu                               1 buah
skema rangkaian sensor cahaya gelap
syarif-projects.blogspot.com/
Komponen-komponen yang dibutuhkan:
   a. LDR                                  1 buah
   b. Resistor 10k, 1k          @1 buah
   c. Transistor BC547               2 buah
   d. Battery 9V                         1 buah
   e. Dioda 1n4002                    1 buah
   f.  Lampu                               1 buah

Seacara umum komponen sensor yang telah disebutkan di atas, umum digunakan dalam sebuah rangkaian light sensor. Rangkaian ini sendiri digunakan untuk berbagai kegunaan. Salah satunya adalah untuk lampu taman atau lampu teras otomatis.

Rangkaian tersebut dapat membantu Anda untuk menghemat energi listrik. Karena, lampu ini hanya akan menyala pada saat hari gelap dan akan mati secara otomatis. Rangkaian ini menggunakan berbagai komponen, yaitu:

  1. LDR
  2. Relay
  3. Lampu
  4. Transistor tipe NPN
  5. 2 buah Resistor, dengan hambatan 47 kilo Ω serta 1 kilo Ω
  6. Variabel resistor

Cara kerja dari rangkaian tersebut adalah:

  1. Pada saat matahari bersinar terang, hambatan LDR sangat kecil. Oleh karenanya, arus listrik lebih memilih untuk melewati LDR, bukannya resistor yang nilai hambatannya lebih tinggi.
  2. Akibatnya, transistor tidak dapat berfungsi dan relay tidak dapat menarik saklar yang menghubungkan lampu dengan sumber energi listrik PLN, sehingga, lampu tersebut mati.
  3. Pada saat hari gelap, hambatan pada LDR sangat tinggi. Oleh sebab itu, arus listrik mengalir ke resistor 2.
  4. Sehingga, transistor dapat berfungsi dengan baik dan relay teraliri listrik. Akibatnya, saklar tertarik oleh relay dan lampu memperoleh energi listrik. Dengan demikian, lampu menyala pada saat hari gelap.

Rangkaian sensor cahaya sangat berguna bagi kehidupan. Dengan adanya rangkaian ini, masyarakat dapat hidup dengan lebih nyaman. Di samping itu, sensor ini juga memberi solusi atas krisis energi listrik yang mungkin terjadi.


Demikian penjelasan tentang sensor cahaya dari komponen, kegunaan dan rangkaian senspr cahaya yang diparafrasekan oleh ismadaniyah.com

Lukman Alumni Sekolah Kejuruan sedang menjalani Studi di Kampus Jenderal suka menulis suka mendaki sedikit suka memasak.

Thermistor

Lukman
1 min read

Pengertian Mikrokontroller

Lukman
2 min read

PCB

Lukman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *