Lukman Alumni Sekolah Kejuruan sedang menjalani Studi di Kampus Jenderal suka menulis suka mendaki sedikit suka memasak.

Kapasitor

Pembahasan tentang √ Pengertian √ Fungsi √ Jenis-Jenis √ Cara Kerja Kapasitor secara mendalam.

Gambar Komponen Kapasitor

Pengertian Kapasitor

Kapasitor merupakan komponen elektronik yang menyimpan muatan listrik. Kapasitor terbuat dari 2 konduktor dekat (biasanya pelat) yang dipisahkan oleh bahan dielektrik.

Pelat mengumpulkan muatan listrik saat dihubungkan ke sumber daya. Satu pelat mengakumulasi muatan positif dan pelat lainnya mengakumulasi muatan negatif.

Satuan Kapasitor

Kapasitansi diukur dalam satuan Farad (F).

Kapasitansi adalah besarnya muatan listrik yang disimpan dalam kapasitor pada tegangan 1 Volt.

Kapasitor memutuskan arus pada rangkaian arus searah (DC) dan arus pendek pada rangkaian arus bolak-balik (AC).

Baca juga : √ ResistorJenis Resistor FixedJenis Resistor Variable

Fungsi Kapasitor

  • Mengolah energi menjadi cahaya, dengan fungsi ini Anda lebih bisa untuk menghemat daya listrik yang digunakan dapat dijumpai pada lampu neon
  • Pembangkit frekuensi Pada Antena Kapasitor
  • Sebagai pencegah terjadinya loncatan listrik.
  • Sebagai penyaring atau filter pada televisi, Radio, amplifier dan barang elektronik lainnya yang berfungsi menyaring hambatan yang mengganggu dari luar.
  • Sebagai Penghubung atau kopling biasanya pada amplifier untuk menghubungkan amplifier tingkat rendah ke amplifier tingkat tinggi
  • Kapasitor berfungsi untuk menghidupkan dalam penggunana mobil.
  • Pada arus DC( Direct Curren) kapasitor berfungsi sebagai  penghambat arus masuk (Isolator).
  • Ada juga kapasitor yang digabung dengan Osilator dan spul antena yang berfungsi untuk memilih gelombang frekuensi.
  • Pada rangkaian power supply, kapasitor berfungsi sebagai penyaring atau filter.
  • Pada osilator, kapasitor berfungsi sebagai pembangkit frekuensi.
  • Fungsi kapasitor selanjutnya adalah penggeser fasa.
  • Kapasitor pada pesawat berfungsi untuk memilih gelombang informasi yang ditangkap. Biasanya akan memilih frekuensi yang panjang.
  • Kapasitor berfungsi sebagai penyimpan tegangan listrik sementara.
  • Sebagai konduktor pada Arus AC (Alternating Curren).

Jenis-Jenis Kapasitor

1. Kapasitor Elektrolit

Kapasitor elektrolit adalah jenis kapasitor yang menggunakan elektrolit untuk mencapai kapasitansi yang lebih besar dari jenis kapasitor lainnya. Elektrolit adalah cairan atau gel yang mengandung ion dengan konsentrasi tinggi.

Hampir semua kapasitor elektrolitik terpolarisasi, artinya tegangan pada terminal positif harus selalu lebih besar dari tegangan pada terminal negatif.

Manfaat kapasitansi besar dalam kapasitor elektrolitik juga memiliki beberapa kekurangan.

Di antara kelemahan ini adalah arus bocor yang besar, toleransi nilai, resistansi seri yang setara, dan masa pakai yang terbatas.

Bahan Kapasitor Elektrolit

Kapasitor elektrolit dapat berupa elektrolit basah atau polimer padat. Mereka biasanya terbuat dari bahan tantalum atau aluminium, meskipun bahan lain dapat digunakan.

Superkapasitor adalah subtipe khusus kapasitor elektrolitik, juga disebut kapasitor elektrolitik lapis ganda, dengan kapasitansi ratusan dan ribuan farad.

Ini memiliki kapasitansi tipikal antara 1μF hingga 47mF dan tegangan operasi hingga beberapa ratus volt DC.

Penggunaan Kapasitor Elektrolit

Kapasitor elektrolitik aluminium ditemukan di banyak aplikasi seperti catu daya, motherboard komputer, dan banyak peralatan rumah tangga. Karena terpolarisasi, mereka hanya dapat digunakan di sirkuit DC.

2. Kapasitor Nilai Tetap/Fixed

Fixed Capasitor atau Kapasitor Nilai tetap adalah kapasitor yang nilai kapasitasinnya tidak mengalami perubahan atau berubah-ubah.

Nilai kapasitas yang dihasilkannya akan sama atau tetap. Berikut jenis kapasitor nilai tetap antara lain adalah sebagai berikut:

a. Kapasitor Keramik (Ceramic Capasitor)

Kapasitor keramik adalah kapasitor yang menggunakan bahan keramik sebagai dielektriknya. Dua jenis yang paling umum adalah kapasitor keramik berlapis-lapis dan kapasitor cakram keramik.

Sebuah kapasitor keramik menggunakan bahan keramik sebagai dielektriknya.

Keramik adalah salah satu bahan pertama yang digunakan dalam produksi kapasitor, karena dikenal sebagai isolator.

Banyak geometri digunakan dalam kapasitor keramik, yang beberapa di antaranya, seperti kapasitor tubular keramik dan kapasitor lapisan penghalang sudah usang saat ini karena ukurannya, efek parasit, atau karakteristik kelistrikannya.

Kapasitas Kapasitor keramik

Kapasitor keramik biasanya dibuat dengan nilai kapasitansi yang sangat kecil, biasanya antara 1nF dan 1μF, meskipun nilai hingga 100μF dimungkinkan.

Kapasitor keramik juga berukuran sangat kecil dan memiliki tegangan pengenal maksimum yang rendah.

Mereka tidak terpolarisasi, yang berarti mereka dapat terhubung dengan aman ke sumber AC. Kapasitor keramik memiliki respons frekuensi yang bagus karena efek parasit yang rendah seperti resistansi atau induktansi.

Penggunaan Kapasitor Keramik
  • Penggunaan dalam catu daya laser tegangan tinggi, pemutus sirkuit daya, tungku induksi, dan lain-lain.
  • Digunakan dalam papan sirkuit tercetak dan aplikasi kepadatan tinggi menggunakan kapasitor yang sebanding dengan seukuran sebutir pasir.
  • Konverter DC-DC yang memberi banyak tekanan pada komponen dalam bentuk frekuensi tinggi dan tingkat kebisingan listrik yang tinggi.
  • Bidang robotika, terbiasa dengan kapasitor cakram keramik yang digunakan pada motor DC sikat untuk meminimalkan kebisingan RF.

b. Kapasitor Kertas

Kapasitor kertas ini memiliki isolator yang terbuat dari kertas. Nilai kapasitor ini umumnya berkisar antara 300pF hingga 4µF. kapasitor ini bisa dipasang bolak balik dalam rangkaian elektronika.

Kapasitor kertas adalah jenis kapasitor tetap yang berarti kapasitor ini menyediakan kapasitansi tetap (kapasitansi berarti kemampuan untuk menahan atau menyimpan muatan listrik).

Dengan kata lain, kapasitor kertas adalah jenis kapasitor tetap yang menyimpan jumlah muatan listrik tetap.

Kapasitor kertas ini sering disebut juga kapasitor padder. Komponen ini terdiri dari lembaran aluminium dan lembaran kertas.

Lembar kertas ditutup atau direndam dengan minyak atau lilin untuk melindunginya dari lingkungan luar yang berbahaya. Kapasitor kertas adalah kapasitor yang menggunakan kertas sebagai dielektrik untuk menyimpan muatan listrik.

c. Kapasitor Mika

Mika adalah sekelompok mineral alami. Kapasitor mika perak adalah kapasitor yang menggunakan mika sebagai dielektriknya.

Ada dua jenis kapasitor mika: kapasitor mika dijepit dan kapasitor mika perak. Kapasitor mika yang dijepit sekarang dianggap usang karena karakteristiknya yang lebih rendah.

Bahan Kapasitor Mika

Kapasitor mika perak digunakan sebagai gantinya. Mereka dibuat dengan mengapit lembaran mika yang dilapisi dengan logam di kedua sisi.

Rakitan ini kemudian dibungkus dengan epoksi untuk melindunginya dari lingkungan. Kapasitor mika umumnya digunakan ketika desain membutuhkan kapasitor yang stabil dan andal dengan nilai yang relatif kecil.

Mereka adalah kapasitor kerugian rendah, yang memungkinkannya untuk digunakan pada frekuensi tinggi, dan nilainya tidak banyak berubah seiring waktu.

Kapasitas Kapasitor Mika

Kapasitor mika perak memiliki nilai kapasitansi yang relatif kecil: biasanya antara beberapa pF, hingga beberapa nF.

Kapasitor mika kapasitansi terbesar dapat mencapai nilai 1µF, meskipun ini jarang terjadi.

Kapasitor mika perak biasanya memiliki tegangan antara 100 dan 1000 volt, meskipun ada kapasitor mika bertegangan tinggi khusus yang dirancang untuk penggunaan pemancar RF yang memiliki daya hingga 10 kV.

Penggunaan Kapasitor Mika

Kapasitor mika perak digunakan dalam aplikasi yang memerlukan nilai kapasitansi rendah dan stabilitas tinggi, sekaligus menunjukkan kerugian yang rendah.

  • Penggunaan utama pada sirkuit RF daya di mana stabilitas adalah yang paling penting.
  • Kapasitor mika perak digunakan di sirkuit disetel frekuensi tinggi, seperti filter dan osilator.
  • Dalam beberapa aplikasi, kapasitor mika perak masih sangat diperlukan. Misalnya, desainer sirkuit masih menggunakan kapasitor mika untuk aplikasi berdaya tinggi seperti pemancar RF.

d. Kapasitor Polyster 

Biasanya  jenis  ini digunakan untuk rangkaian yang menggunakan frekuensi tinggi, dan rangkaian analog. Kapasitor ini biasanya disebut mylar dan mempunyai toleransi sebesar ±5% sampai  ±10%.

Dielektrik pada kapasitor ini terbuat dengan polyester film. Mempunyai karakteristik  suhu  yang  lebih  bagus dari pada semua jenis kapasitor di atas.  Dapat  digunakan  untuk  frekuensi  tinggi.

3. Kapasitor Variabel

Kapasitor film adalah kapasitor yang menggunakan film plastik tipis sebagai dielektriknya. Mereka relatif murah, stabil dari waktu ke waktu dan memiliki induktansi diri dan ESR yang rendah, sementara beberapa kapasitor film dapat menahan nilai daya reaktif yang besar.

Referensi

eepower.com 

Liputan6.com

serviceacjogja.pro

Demikian pembahasan tentang kapasitor yang mencangkup pengertian, Fungsi,Jenis Kapasitor dan cara Kerja yang dirangkum dalam ismadaniyah

 

Lukman Alumni Sekolah Kejuruan sedang menjalani Studi di Kampus Jenderal suka menulis suka mendaki sedikit suka memasak.

Thermistor

Lukman
1 min read

Pengertian Mikrokontroller

Lukman
2 min read

PCB

Lukman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *