Lukman Alumni Sekolah Kejuruan sedang menjalani Studi di Kampus Jenderal suka menulis suka mendaki sedikit suka memasak.

Elektronika

Pengertian elektronika

Pembahasan tentang elekronika meliputi √ pengertian √ Fungsi Dasar √ Komponen Dasar √ Penerapan √ Cabang Ilmu Dalam Eletkronika.

Pada era ekonomi industri sekarang kemajuan teknologi mengalami pemerataan di berbagai sektor yang terdapat perangkat elektronika menjadi sebuah perangkat yang ada pada mesin produksi industri untuk mengendalikan proses produksi, kualitas produksi, otomasi industri dan olah data untuk penelitian.

Dalam kehidupan sehari-hari berbagai perangkatn elektronika sudah lazim digunakan seperti pada alat rumah tangga berupa setrika, rice cooker dan Ac. Kemudian untuk keperluan komunikasi menggunakan telepon maupun handphone.

Anda perlu tau mengenai pengertian elektronika sendiri dari mengenai fungsi, penerapana dalam kehidupan sehari-hari sampai dengan cabang-cabang pada ilmu eletronika dibawah ini.

Pengertian Elektronika (Electronics)

Kata Elektronika berasal dari dua kata (bahasa inggris) Electron dan mechanics atau dalam bahasa Indonesia , yaitu elektron dan mekanika yang berarti pergerakan aliran electron

Menurut Wikipedia

Elektronika Adalah ilmu yang mempelajari tentang alat listrik arus lemah yang beroperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam sebuah alat seperti termokopel,komputer, peralatan elektronik, semikonduktor, dan lain sebagainya.

Menurut businessdictionary.com

Elektronika adalah Perangkat atau teknologi yang terkait dengan atau menggunakan sirkuit dan komponen arus searah tegangan rendah dan padat, biasanya untuk pengiriman dan / atau pemrosesan data analog atau digital.

Menurut V.K. MEHTA dan ROHIT MEHTA.

Elektronika adalah cabang Ilmu teknik yang menangani konduksi arus melalui vakum atau gas atau semikonduktor.

Menurut lectronicsandyou.com

Elektronika adalah cabang sains yang berhubungan dengan studi aliran dan pengendalian elektron (listrik), studi tentang perilaku dan efeknya pada vakum, gas, dan semikonduktor serta perangkat-perangkat lainnya yang menggunakan elektron tersebut.

Pengendalian elektron ini dilakukan oleh perangkat elektronika dengan cara menghambat, membawa, memilih, mengarahkan, mengalihkan, menyimpan, memanipulasi, dan mengeksploitasi elektron.

Elektronika adalah suatu cabang teknik atau fisika yang mengendalikan aliran elektron atau partikel yang bermuatan listik pada komponen-komponen aktif seperti Transistor, Dioda dan IC serta komponen-komponen pasif elektronika seperti Resistor, Kapasitor dan Induktor.

Cabang Ilmu Elektronika

Dalam Ilmu elektronika terdapat berbagai cabang yang kebih mengkhususkan fungsi alat sebagai pembantu kemudahan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut dibawah ini cabang pada Ilmu eletronika :

  • Elektronika Mekanikal (Mechanical Electronics)
  • Elektronika Komunikasi
  • Elektronika Optik (Optoelectronics)
  • Elektronika Mikro (Microelectronics)
  • Elektronika Digital
  • Elektronika Analog

Fungsi-fungsi Dasar 

Fungsi-fungsi dasar yang dapat dilakukan oleh teknologi elektronika tersebut.

Komponen-komponen atau perangkat Elektronika pada dasarnya dapat melakukan fungsi-fungsi dasar seperti dibawah ini :

1. Rectification (Penyearah)

Rectification atau Penyearah adalah fungsi perangkat elektronika yang dapat mengkonversikan tegangan dan arus listrik AC (bolak-balik) menjadi tegangan dan arus listrik DC (searah).

Perangkat Elektronika dapat mengkonversikan daya listrik AC ke daya listrik DC dengan efisiensi yang sangat tinggi.

Perangkat-perangkat Eletronika tersebut diantaranya seperti Pencatu Daya (Power Supply), Pengisi ulang Baterai (Battery Charger), DC generator, Elektroplating dan lain-lainnya.

2. Control (Pengendalian)

Automatic Control atau Pengendalian Otomatis banyak ditemukan dalam perangkat elektronika dan listrik seperti pengendalian kecepatan motor, pengendalian tegangan kulkas, pengendalian lampu lalu lintas dan masih banyak lagi.

4. Generation (Pembangkitan)

Perangkat elektronika dapat mengkonversikan tegangan dan arus listrik DC ke tegangan dan arus listrik AC sesuai dengan frekuensi yang dibutuhkan. Pada saat melakukan fungsi tersebut, diperlukan suatu rangkaian yang disebut dengan Osilator.

Osilator adalah suatu rangkaian elektronika yang menghasilkan sejumlah getaran atau sinyal listrik secara periodik dengan amplitudo yang konstan. Rangkaian Osilator dapat ditemukan di rangkaian-rangkaian Frekuensi Radio, Konverter, Timer dan Counter.

5. Amplification (Penguatan)

Amplification atau Penguatan adalah fungsi perangkat elektronika yang dapat memperkuat sinyal lemah menjadi sinyal yang lebih besar.

Perangkat atau Rangkaian Elektronika yang melakukan fungsi penguatan atau amplification ini disebut dengan Amplifier atau Penguat.

Rangkaian atau perangkat Penguat atau amplifier ini dapat ditemuikan diberbagai perangkat elektronika seperti Radio, Ponsel, Televisi dan lain-lainnya.

6. Conversion (Konversi)

Salah satu hal yang menarik dalam Elektronika adalah kemampuan beberapa jenis komponen Elektronika yang dapat mengkonversikan dari satu bentuk energi ke bentuk energi lainnya.

Komponen atau perangkat konversi tersebut biasanya disebut dengan Tranduser.

  • Konversi sinyal listrik menjadi suara , contohnya seperti Loudspeaker dan Buzzer.
  • Konversi listrik menjadi cahaya, contohnya lampu listrik, Laser dan LED.
  • Konversi suara menjadi sinyal listrik, contoh Mikrofon.
  • Konversi suhu menjadi hambatan listrik, contohnya Thermistor (PTC dan NTC).
  • Konversi sinyal listrik menjadi suhu tertentu, contohnya Heater dan Setrika
  • Konversi sinyal listrik menjadi gerakan, contohnya Motor.
  • Konversi cahaya menjadi sinyal listrik, contohnya seperti Sel Surya, Photo diode dan LDR.

Komponen Elektronika Dasar

komponen dasar elektronika

Terdapat komponen yang bisa dikatakan wajib ada pada sebuah rangkaian alat eletronika.

  1. Resistor
  2. Kapasitor
  3. Transistor
  4. Induktor
  5. Dioda
  6. IC
  7. Transfomator
  8. Saklar

Penerapan Teknologi Elektronika

Alat-alat elektronika pada zaman sekarang sudah banyak ditemui di hampir berabagi sektor bidang untuk memudahkan menyelesaikan pekerjaan nya.

1. Otomotif

Dalam menjalankan operasional manufakturing mobil atau motor, perangkat elektronika digunakan untuk mengendalikan mesin produksi dan mengawasi jalannya produksi.

Sedangkan pada mobil itu sendiri, perangkat-perangkat elektronika juga dipasangkan pada kendaraan bermotor seperti sistem pengapian (ignition system), multipoint fuel injection (MPFI) system, pengisian ulang aki mobil dan lain sebagainya.

2. Komunikasi dan Hiburan 

Telepon kabel, Ponsel, Televisi, Radio, Audio/Video Player, Konsol Game, Komputer.

3. Aplikasi di Industri 

Otomasi mesin produksi dan pengendalian pada ketebalan produk, kualitas produk, massa produk, suhu dan kelembaban pada produk dan bahan produksi dapat dikendalikan oleh perangkat-perangkat elektronika.

Penggunakan komputer dan Ponsel untuk membeli tiket kereta api dan pesawat, pengendalian sistem pembangkitan listrik dan lain-lainnya.

4. Medis dan Ilmiah 

Dokter dan para peneliti menggunakan alat-alat eletronika untuk mendeteksi kesehatan pasien seperti EKG (Electrocardiographs), X-ray, endoscopy, Ultrasound scanner, mesin pendeteksi kadar gula, kolesterol, tekanan darah dan lain-lainnya.

5. Pengendalian dan Instrumen

Pengendalian Mesin produksi di Industri-industri, Inverter, Multimeter, Pencacah Frekuensi (Frequency Counter), Osiloskop, Spectrum Analyzer, signal generator dan lain sebagainya.

6. Aplikasi Pertahanan dan Keamanan

Radar, Sistem Sonar dan sistem Infra-merah yang digunakan untuk mendeteksi pesawat tempur, kapal selam, kapal perang lawan. Sistem Peluruh Kendali dan Sistem komunikasi militer juga menggunakan sistem Elektronika.

Sumber : lecturer.ppns.id 

Demikian ismadaniyah.com memparafrasekan tentang pengertian elektronika yang membahas tentang fungsi dasar, komponen dasar, Penerapan dan cabang ilmu.

Lukman Alumni Sekolah Kejuruan sedang menjalani Studi di Kampus Jenderal suka menulis suka mendaki sedikit suka memasak.

Thermistor

Lukman
1 min read

Pengertian Mikrokontroller

Lukman
2 min read

PCB

Lukman
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *